Minggu, 20 November 2011

Peran pemuda dalam masyarakat


Pemuda merupakan generasi penerus bangsa, yang nantinya bukan tidak mungkin salah satu dari mereka bisa menjadi pemimpin bangsa. Zaman sekarang, bisa dibilang banyak pemuda dan pemudi yang telah mengukir namanya di batu prestasi bangsa, paling banyak di bidang pendidikan dan olahraga. Selain itu, tidak sedikit pula pemuda-pemuda yang justru membuat pengaruh buruk bagi masyarakat sekitarnya. Padahal kita tahu bahwa pada saat menjelang kemerdekaan Indonesia, para pemuda lah yang mendesak agar golongan yang tua segera memproklamirkan kemerdekaan, itu seharusnya menjadi motivasi setiap pemuda untuk lebih berkarya dan berkreatifitas untuk negaranya bukan ????
Analisa saya:
Pada prinsipnya pemuda memiliki sisi lain yang berbeda beda, pertama saya akan membahas sisi positif pemuda dalam masyarakat. Akhir akhir ini indonesia telah mengepakan sayap garuda nya di ajang perlombaan olahraga sea games, tentunya ini adalah prestasi dari pemuda pemuda kita yang memainkan peranan nya, hal ini harus kita tanamkan lebih dalam lagi kepada pemuda pemuda lain di indonesia agar semangat dalam diri mereka kokoh. Contoh lain adalah pemuda pemuda masa kini juga masih ada yang mempertahankan seni tradisional indonesia, betapa bangga nya indonesia memiliki pemuda yang seperti ini karena pemuda yang seperti ini akan menciptakan dan mengembangkan seni seni tradisional yang lebih kreatif lagi, dan pengaruh nya juga cukup besar terhadap kaum yg lebih tua untuk mengikuti menumbuh kembangkan sikap mempertahankan seni tradisional yang ada di indonesia ini. Lalu contoh lain adalah bakti sosial, tidak sedikit pemuda indonesia memiliki jiwa berbagi kepada sesama, baik berbagi material maupun tenaga, dari pemuda ini lah tercipta persaudaraan yang terjadi dalam masyarakat.

Dan yang terakhir saya akan membahas sisi negatif pemuda dalam masyarakat. Menurut saya pemuda indonesia mudah terpancing emosi yang ujung ujung nya di selesaikan  dengan kekerasan, hal ini tentu menyimpang aturan aturan hukum negara. Contoh lain adalah pemuda indonesia banyak melakukan tindakan asusila yang sebenarnya hal itu belum pantas dilakukannya, menurut saya hal ini dapat di minimalkan dengan cara memberi pemahaman agama.

Semoga saja negara kita dipenuhi dengan pemuda pemuda yang memiliki pola pikir yang positif dan semangat baja agar negara kita dapat lebih bangkit lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar